Ads 468x60px

Rabu, 09 Maret 2011

KENDARAAN JAMAN PERANG YANG MASIH BISA DI KENDARAI HINGGA SAAT INI

Siapa yg tidak kenal kendaraan ini , sebuah kendaraan yg terbuat dari unsur besi yang berbeda dengan kendaraan-kendaraan pada saat ini yaitu VESPA .
Vespa pertama kali di perkenal kan untuk kendaraan perang dunia ke II oleh bangsa italia , VESPA itu sendiri pertama kali di buat oleh seorang pemiliki pabrikan pesawat perang italia yang bangkrut akibat krisis dalaman perusahaan . Vespa sendiri mempunyai nama lain yaitu PIAGGIO sama seperti nama pembuat nya yaitu PIAGGIO .
Vespa pertama kali terbuat dari bahan-bahan sisa pesawat tempur milik PIAGGIO body atau rangka VESPA terbuat dari mentahan badan pesat yg sudah tidak terpakai sedangkan roda nya juga terbuat dari roda pesawat yang sudah tidak terpakai dan akhir nya pada pertengahan perang dunia ke II VESPA di pakai oleh para tentara italia sebagai kendaraan tempur berisikan meriam di samping kiri nya layak seperti sebuah TANK .
Kemudian pada tahun 1950an kembali pabrikan PIAGGIO membuat kendaraan terbaru berupa VESPA tipe GS-150 kemudian muncul tipe-tipe berikutnya di indonesia tetapi masih menggunakan proses mengimport dari italia . Ada juga yang merupakan pemberian dari pemrintah kepada pasukan perdamaian di kongo yaitu VESPA tahun 1963 atau yg lebih di kenal dengan VESPA KONGO dengan nama PASUKAN GARUDA II setelah itu muncul vespa-vespa tipe lain diantara nya vespa super , vespa super memiliki 2 varian yaitu vespa super kepala bulet antara tahun 1966 – 1972an dan vespa super kepala kotak pada tahun 1973 – awal 1980an ada juga vespa sprint dan vespa special atau yg lebih di kenal dengan PTS .
Pada tahun 1980an baru berdiri showroom showroom vespa di indonesia yg merakit sendiri vespa-vespa tipe P100S P100X atau yg lebih di kenal dengan vespa PX dan PS .

Bagi penggemar Vespa terdapat beberapa aliran ; ada yang suka vintage, resto, dan modifikasi. Nah pada aliran modifikasi pun terbagi lagi: british/mod style yang mengaju pada gaya scooterist inggris era 60-70an, modifikasi touring, modifikasi racing, modifikasi rat-bike, dan terakhir modifikasi chopper.
Modifikasi chopper mulai marak di awal tahun 2000an. ini mungkin bermula dari ide scooterist yang berkantong pas-pasan namun ingin mempunyai motor seperti chopper.








Here’s a fantastic Lambretta scooter modification for you: a scooter with a VW “Kombi” van sidecar! If there weren’t an actual person on the picture it would seem that is is just a toy. It sure puts on extra weight and will reduce the top speed and acceleration but with such a look it should not matter







Siapa bilang MIO otomatis duluan? – Selagi musim small frame belum berganti, ada baiknya kita bahas sedikit tentang jenis Vespa yang satu ini. Vespa Corsa, salah satu jenis vespa dan sepeda motor bertransmisi otomatis pertama di Indonesia. Makanya saya sangat tidak setuju dengan Yamaha MIO dengan slogannya “Otomatis Duluan”, yang berhak menggunakan slogan itu adalah Vespa Corsa yang di produksi pada tahun 1991 dan berhenti pada tahun 2006. Entah yang bikin slogan bego atau memang tidak tahu Corsa adalah motor matic pertama di Indonesia.
Bahkan kalo di Italiano, Vespa matic udah dari tahun 1983/1984, zamannya Vespa PK 125. Jika dibandingkan antara Corsa dengan PK 125 ada banyak kemiripan di banyak hal, seperti bentuk body, kapasitas mesin dan transmisi. Bisa dibilang Corsa mengadaptasi atau turunan dari PK 125.
Seiring dengan makin membanjirnya skuter matic di Indonesia, Vespa Corsa tidak mau ketinggalan. Corsa tetap memiliki penggemar yang fanatik. Apalagi dengan mewabahnya demam “small frame” akhir-akhir ini, ikut mengibarkan bendera Corsa ditengah hingar bingar skuter matic kompetiror. Keunggulan Corsa diantara skuter matic yang lain adalah Corsa gak di kredit, jadi yang beli hanya orang-orang kaya saja






Macam – macan Vespa tua lain nya :
Vespa 98 / 1946-1947











Tahun :1946/1947
VIN :V98
Nomor :01/18079
Produksi :18079 unit
Fork depan masih mengadopsi roda pesawat terbang dan berada di sebelah kiri ban depan (sekarang di sebelah kanan ban). Dengan kapasitas mesin 98 cc maksimal kecepatan hanya 75 km/jam, konsumsi bahan bakar 3 : 100 atau 3 liter buat 100 km, irit kan? Vespa 98 ini di produksi tahun 1946, sebagai cikal bakal model Vespa yang melegenda hingga sekarang. Pertama beredar, V98 sangat diminati oleh masyarakat karena harganya yang murah serta keamanan dan kenyamanannya. Di tahun berikutnya (1947) V98 di produksi dengan jumlah unit yang sama (18079 unit), dan hasilnya laris manis di pasaran.
Vespa 125 – 1948











Tahun :1948/1950
VIN :V1T–V15T
Nomor :01/104096
Produksi : 104096 unit
Vespa 125 ini dibuat berdasarkan pendahulunya V98, yang terlihat berbeda adalah kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc dan shock depan berada di sebelah kanan. Bentuk body, stang dan head lamp masih mirip dengan V98. Melihat antusiasme masyarakat yang besar pada Vespa, V125 diproduksi hingga 104096 unit selama periode 1948 hingga 1950..
Vespa 125 Hoffmann – 1950














Vespa Hoffmann diproduksi antara tahu 1950 – 1954 di Jerman. Ini semua diawali saat pada tahu 1949, Piaggio setuju memberikan lisensi kepada Hoffmann untuk memproduksi dan memperdagangkan. Vespa 125 Hoffmann tidak hanya di perdagangkan di Jerman saja, tapi juga di Inggris dan Perancis. D Inggris di kenal dengan nama Vespa Douglass karena perjualannya di bawah lisensi Douglass dan di Perancis di bawah lisensi PACMA.