Siapa yg tidak kenal kendaraan ini , sebuah kendaraan yg terbuat dari unsur besi yang berbeda dengan kendaraan-kendaraan pada saat ini yaitu VESPA .
Vespa pertama kali di perkenal kan untuk kendaraan perang dunia ke II oleh bangsa italia , VESPA itu sendiri pertama kali di buat oleh seorang pemiliki pabrikan pesawat perang italia yang bangkrut akibat krisis dalaman perusahaan . Vespa sendiri mempunyai nama lain yaitu PIAGGIO sama seperti nama pembuat nya yaitu PIAGGIO .
Vespa pertama kali terbuat dari bahan-bahan sisa pesawat tempur milik PIAGGIO body atau rangka VESPA terbuat dari mentahan badan pesat yg sudah tidak terpakai sedangkan roda nya juga terbuat dari roda pesawat yang sudah tidak terpakai dan akhir nya pada pertengahan perang dunia ke II VESPA di pakai oleh para tentara italia sebagai kendaraan tempur berisikan meriam di samping kiri nya layak seperti sebuah TANK .
Kemudian pada tahun 1950an kembali pabrikan PIAGGIO membuat kendaraan terbaru berupa VESPA tipe GS-150 kemudian muncul tipe-tipe berikutnya di indonesia tetapi masih menggunakan proses mengimport dari italia . Ada juga yang merupakan pemberian dari pemrintah kepada pasukan perdamaian di kongo yaitu VESPA tahun 1963 atau yg lebih di kenal dengan VESPA KONGO dengan nama PASUKAN GARUDA II setelah itu muncul vespa-vespa tipe lain diantara nya vespa super , vespa super memiliki 2 varian yaitu vespa super kepala bulet antara tahun 1966 – 1972an dan vespa super kepala kotak pada tahun 1973 – awal 1980an ada juga vespa sprint dan vespa special atau yg lebih di kenal dengan PTS .
Pada tahun 1980an baru berdiri showroom showroom vespa di indonesia yg merakit sendiri vespa-vespa tipe P100S P100X atau yg lebih di kenal dengan vespa PX dan PS .
Di antar tipe-tipe vespa tersebut vespa keluaran pada tahun 1980 keatas adalah vespa yg ke tangguhan mesinnya paling bagus di banding tipe-tipe di bawah tahun 1980an.Di Indonesia sendiri saya tidak begitu tahu di mana saja showroom resmi vespa karna saat itu saya belom lahir “hehehe” tapi yg jelas pada saat ini bengkel atau showroom vespapun bisa saja ada dimana2 termasuk di rumah sendiri :D.Seperti halnya saya , pada awal punya vespa memang saya lebih enak membawa si bohay “vebi” nama vespa saya , ke bengkel langganan kakek saya tapi lama kelamaan sehubung dengan ke ingin tahuan saya akan vespa saya sendiri akhirnya saya mencoba-coba ngutak-ngatik , bongkar pasang semua yg menempel di vespa dari Cuma spearparts kecil2an sampai yg besar2an dan akhirnya berawal dari ke ingin tahuan saya skrng jadi mengerti plus minusnya vespa saya sendiri kalau kalau mogok di jalan jadi gausah terlalu panic atau ribet tinggal buka peralatan yg di bawa dan berkreasi di pinggir jalan.
Di Indonesia sendiri komunitas vespa udah tersebar luas dari sabang sampai merauke (maybe) dan bisa saya bilang di antara komunitas bikers di Indonesia komunitas vespa ada adalah komunitas paling tinggi rasa solidaritasnya antara vespa bukan hanya sekedar di dalam komunitasnya sendiri tapi antar komunitas satu dengan yg lainnya , scooteris yg satu dengan scooteris lain tapi ada perbedaan usia , jenis kelamin , ataupun tipe vespanya. Vespa juga bisa mempersatukan kita bangsa scooterist Indonesia dengan dia scooterist Malaysia yg notabennya kedua bangsa ini selalu bersitegang dalam hal batas wilayah atau kebudayaan.
Saya sendiri ada di komunitas yg bernama VESPAKUSER yg sering kodar di daerah lapangan panglima polim , dan jg salah satu anggota dari komunitas vespa di kampus saya yg bernama G.S.O.C (Gunadarma.Scooter.Owner.Club) di kampus gunadarma yg sering kumpul setiap rabu jam antara 4 atau 5 sore (biasanya ngaret hehe) dan selogan kami “BERKENDARA MENEMBUS JAMAN” agak random si tapi udah dari sananya yasudahlah hahaha.
Mungkin kalian blom ada yg tau dalam vespa itu ada beberapa aliran di antaranya ada kaum mods , kaum classic , dan ada jg kaum extreme (nah ini dia vespa yg udah ga berbentuk dan bnyak tulisan2 plang di temple di vespanya) tapi itu semua ngga meruntukan solidaritas kami para scooterist.